Rabu, 24 Mei 2017

Introspeksi! Inilah Peringkat Pendidikan Indonesia di Dunia



Introspeksi! Mari Belajar dari Rumah



Bulan Mei, bulan yang penuh kerinduan. Antara bahagia dan sedih, rasa tidak ingin berpisah dengan sekolah tercinta pun menjadi-jadi setelah surat kelulusan dibagikan kepada seluruh siswa kelas 12 dan 9, merekalah yang mengidap penyakit rindu itu. Tapi, walaupun kalian sudah lulus dan keluar dari sekolah, tetaplah dan teruslah berprestasi, tidak hanya bagi para peserta didik, sebagai para pemuda dan orang tua juga harus bisa berprestasi, jangan permalukan negara tercinta ini lebih jauh lagi dengan peringkat pendidikannya di mata dunia
saat ini. Kita, kita harus bisa meningkatkan kualitas pendidikan di negeri kita. Hal sekecil apapun pasti memberikan dampak, entah positif atau negatif.
Pernahkah terpikir dalam benak kita tentang negara manakan yang memiliki pendidikan terbaik di dunia? Dan diurutan ke berapakah Indonesia berada? Simaklah data berikut:

Tahun 2012

Hasil survei Progamme For International Student Assessment (PISA), Indonesia berada di peringkat 71 dari 72 peserta survei PISA dari berbagai negara.
Dengan Rincian:
Sains - 382 Poin
Matematika - 375 Poin
Membaca - 396 Poin
Sedangkan laporan membaca Indonesia - 337 Poin

Masih tahun 2012

Menurut Survei UNESCO, Indonesia di peringkat ke-64 dari 120 negara di dunia berdasarkan penilaian Education Development Index (EDI) atau Indeks Pembangunan Nasional.

Tahun 2013

Dalam laporan program pembangunan PBB tahun 2013, Indonesia menempati posisi 121 dari 185 negara dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan angka 0,629. Tertinggal dari dua negara tetangga, yaitu Malaysia (ke-64) dan Singapura (ke-18)

Tahun 2014

Laporan UNESCO dalam Education For All Globar Monitoring Report (EFA-GMR), Indeks Pembangunan Nasional atau The Education For Development Indeks (EDI), Indonesia berada pada peringkat 57 dari 115 negara.

Tahun 2015

Survei Programme For International Student Assessment (PISA), Indonesia berada di posisi 69 dari 76 peserta survei PISA.
Dengan rincian:
Sains - 403 Poin
Matematika - 386 Poin
Membaca - 397 Poin
Dengan demikian, Indonesia naik 6 peringkat dari tahun 2012 silam.

Tahun 2016

Dilansir dari The Guardian, Indonesia menempati urutan ke-57 dari total 65 negara. Survei ini diterbitkan oleh Organisation for Economic Co-operation and Development



Peringkat Pendidikan Wilayah ASEAN tahun 2017

1. Singapura, dengan skor 0,678 berdasarkan UNESCO.
2. Brunei Darussalam, dengan skor 0,672 berdasarkan EDI.
3. Malaysia, dengan skor 0,671 berdasarkan UNDP.
4. Thailand, dengan anggaran 7,6% (Paling tinggi di ASEAN) Thailand memiliki skor dari EDI 0,608.
5. Indonesia, dengan skor 0,603 berdasarkan UNESCO.
44% Penduduk menuntaskan pendidikan menengah.
11% Murid gagal menuntaskan pendidikan alias keluar dari sekolah.



Apa yang Harus Diperbaiki?

Sebelum mencari solusi, kita kenali dulu masalahnya. Dan masalah pendidikan di Indonesia ada beberapa hal, yaitu; rendahnya mutu pendidika, kurangnya kefektifan dan efisiensi, kurangnya sarana-prasarana, dan rendahnya prestasi siswa.
Jadi, apa yang harus diperbaiki? Tentu saja berbagai peningkata-peningkatan harus segera dilakukan, seperti:

Peningkatan Kualitas Pengajar

Guru di negeri kita memang sudah cukup baik akan tetapi lebih baik lagi jika kualitasnya ditingkatkan. Jangan hanya gaji yang naik, tetapi kualitasnya juga haru naik, kan? Dengan guru yang berkualitas akan mampu mengatasi rendahnya mutu pendidikan dan waktu pembelajaran pun akan lebih efektif dan efisien.

Peningkatan Dana Pendidikan

Walaupun kita tidak bisa seperti Brunei Darussalam yang segalanya ditanggung negara, mulai dari ongkos, penginapan, makanan, buku, sampai trasnportasi. Atau seperti Thailand dengan memberikan dana pendidikan sebanyak 7,6 % se-ASEAN. Pendidikan negara kita juga bisa meningkat dengan merealisasikan undang-undang tentang pendidikannya. Asalkan semuanya direalisasi saya yakin pendidikan negeri ini akan tambah maju. Terutama dalam pendanaan sehingga bisa melengkapi sarana dan prasarana di setiap lembaga pendidikan negeri ini.

Peningkatan Prestasi Individu
Kalau masalah terkait individu sepertinya itu balik lagi ke orangnya. Apakah dia mau berubah menjadi lebih baik, atau tidak. Namun, ada 3 faktor yang mempengaruhi kualitas seseorang, dengan ini seharusnya bisa dimanfaatkan:

a.      Faktor Lingkungan (Masyarakat/Sekolah)
Seperti kata pepatah, "Berteman dengan Kiyai akan menjadi Kiyai, dan berteman dengan penjudi akan menjadi penjudi." jadi, buatlah lingkungan yang kental akan ilmu pengetahuan dan moral yang baik. Perhatikan setiap pendidikan siswa di daerah-daerah maka sedikit banyaknya itu akan membantu nilai pendidikan Indonesia di mata dunia.

b.      Faktor Keluarga

Besar kecilnya support dari keluarga juga sangat berpengaruh. Dukungan dari orang tua terhadap prestasi anaknya hendaklah ditingkatkan. Biarkan anak-anaknya bergaul tetapi perhatikanlah waktu dan dengan siapa dia bergaul karena seseorang sangat dipengaruhi oleh orang tuanya.

c.       Kemauan dari Dalam

Perlu tekad yang kuat bagi seseorang untuk mengubah dirinya menjadi lebih baik. Jadi, marilah anak bangsa perkuat tekad kalian untuk berprestasi dan bersaing secarang sehat baik dalam pendidikan Akademik maupun non-akademik.
Lebih giat lagi saat kita belajar, terutama belajar di rumah. Cobalah untuk mengatur waktu main, dan mengefektifkan waktu belajar.
Berbicara soal belajar dari rumah, saya punya pengalaman dan tips tersendiri saat belajar. Disimak, ya!

Tips Belajar Dari Rumah

Pengalaman saya ketika harus belajar di rumah memang tidak cukup menyenangkan. Karena seringkali saya merasa cepat bosan di saat belajar. Ditambah lagi ketika saya harus belajar secara i-learning, koneksi yang lambat tentu saya menghambat pembelajaran saya. Tapi, saya punya beberapa tips yang saya terapkan saat belajar di rumah:

1. Persiapkan Materi

Supaya tidak lagi repot-repot mencari buku ini itu yang akan menyita waktu sebaiknya segera persiapkan buku-buku terkait materi yang akan kita pelajari.

2. Ajak Teman

Ini salah satu alternatif untuk mengatasi kejenuhan dan kebosanan di saat belajar. Dengan adanya teman kita bisa bertukar informasi dan materi. Tapi ingat, jangan belajar lebih dari 2 orang karena itu malah akan membuat tidak fokus terhadap apa yang akan dipelajari.

3. Cari Tempat Nyaman

Bosan belajar di dalam kamar? Coba di ruang tamu, atau di luar rumah sekalian. Itu akan memberi sensasi yang berbeda.

4. Musik

Percaya atau tidak, musik bisa mempengaruhi mood kita saat belajar. Putarlah musik yang anda sukai saat belajar, yang kira-kira bisa membuat anda lebih semangat dan fokus. Kalau saya, lebih suka memutar musik yang hanya instrumennya saja.

5. Minuman dan Makanan

Ini memang tidak terlalu sering dilakukan oleh saya, tetapi kamu yang suka tiba-tiba lapar sebaiknya sediakan makanan di sampingmu supaya tidak mengganggu konsentrasi apabila mendadak lapar saat belajar.
Nah, 5 tips di atas bisa kamu terapkan sendiri di rumah, kan. Tapi... Bagaimana dengan koneksi yang lambat? Apakah ada solusinya?

Tentu saja ada, hanya saja saya bukan hacker yang bisa mempercepat koneksi dengan mudahnya. Di sini saya akan berbagi informasi tentang sebuah rumah yang menyediakan koneksi internet cepat. Tepatnya perumahan yang disebut dengan Cyberhome.

Pernah gak, saat kamu sedang serius-seriusnya belajar, mencari materi di buku tidak ada lalu membuka internet dan langsung mencari materinya. akan tetapi, saat itu koneksi kita sangat lambat? Saya sering mengalami hal itu dan itulah yang membuat saya malas seketika dan langsung menutup buku.

Tapi, kini cyberhome hadir dalam sebuah konsep perumahan. Di mana kita mampu mengakses internet dengan kecepatan 100 Mbps hingga 10 Gbps dengan kecepatan upload dan download yang sama, serta fasilitas alamat IP publik yang didapatkan. Wah, kebayang gak tuh? Dengan ini kita tidak akan lemot lagi jika harus mencari informasi di internet.

Mengapa Cyberhome?




Cyberhome
Perumahan lain
Internet Super High Speed Dedicated dari 100 Mbps hingga 10 Gbps, Upload dan Download simetris
Kecepatan internet biasa saja, hanya di pergunakan untuk konsumtif
Menghadirkan para pakar bisnis TIK terkemuka untuk menjadi mentor dalam belajar, bekerja dan berbisnis
Tidak ada para pakar bisnis TIK yang siap mendedikasikan dirinya untuk menjadi mentor yang mengarahkan untuk belajar, bekerja, dan bisnis
Mempunyai server sendiri untuk membuka usaha online di rumah
Server tidak mungkin ada diperumahan biasa
Tempat berkumpulnya para pakar/pengusaha TIK
Belum ada tempat untuk berkumpulnya pakar/pengusaha TIK
Rumah yang dapat menjadikan belajar, bekerja bisnis dan rekreasi secara produktif menjadi satu
Belum ada perumahan yang menjadikan penghuninya produktif, kebanyakan penghuninya menjadikan rumahnya menjadi perumahan konsumtif



Dengan hadirnya cyberhome yang memberikan pelayanan terhadap digitalnya di mana kecepatan koneksi internet yang sangat mendukung, kita tidak hanya bias belajar dari rumah, tetapi lebih dari itu, kita juga bisa bekerja, bisnis dan rekreasi dengan tempatnya yang indah seerta memadai fasilitas internet yang memadai

Anak bangsa, ayo kita tunjukan pada dunia bahwa kualitas pendidikan Indonesia juga bisa meningkat!


Untuk melengkapi Informasi mengenai Cyberhome, di sini saya akan memberitahu bawa cyberhome memiliki dua tipe rumah yang bisa anda tempati dengan nyaman dan aman, yaitu:

1.Tipe Bandwith


Tipe Bandwith:

Kamar tidur: 2
Kamar Mandi: 2
Dapur: 1
Ruang tamu: 2
Garasi; 1 



Pondasi Batu Kali, Sloof Beton bertulang
Dinding Bata Merah
Lantai Homogenous Tile 60X60 cm
Kusen Alumunium
Rangka atap Baja Ringan
Atap Genteng Beton
Plafond Gypsum
Sanitair Amstad atau setara
Listrik 2200 Watt



 2. Tipe Homepage


Tipe Homepage:

Kamar tidur: 3
Kamar mandi: 2
Dapur: 1
Ruang tamu: 2
Garasi: 1


PondasiBatu Kali, Sloof Beton bertulang
DindingBata Merah
LantaiHomogenous Tile 60X60 cm
KusenAlumunium
Rangka atapBaja Ringan
AtapGenteng Beton
PlafondGypsum
SanitairAmstad atau setara
Listrik2200 Watt


                  Kedua tipe rumah di atas sudah dala proses 70%. jadi, bagi anda yang tertarik segeralah pesan sekarang juga, jangan sampai kehabisan ya!

Kantor Pemasaran Jakarta


Cyber Media Center (CMC), Ruko Gading Park View ZC-01, Jl. Bulevard Timur No.31-32, Kelapa Gading, Jakarta Utara


0888-0990-3754 (Yoshua)
0896-5769-8783 (Afifah)
0896-1412-3068 (Regina)

E-mail: info@cyberhome.web.id

 

 

 info@cyberhome.web.id





1 komentar:

  1. Informasi yang diberikan sudah bagus, cuman terlalu banyak iklan

    BalasHapus

Kontak

Talk to us

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit. Dolores iusto fugit esse soluta quae debitis quibusdam harum voluptatem, maxime, aliquam sequi. Tempora ipsum magni unde velit corporis fuga, necessitatibus blanditiis.

Address:

9983 City name, Street name, 232 Apartment C

Work Time:

Monday - Friday from 9am to 5pm

Phone:

595 12 34 567

Views

Diberdayakan oleh Blogger.

Wajib Dibaca

Manfaat Madu Hitam

Bismillahirrahmaanirrahiim Assalaamu'alaikum,          Selamat pagi, sudah lama saya tidak buka blog. Biasalah, motivasi saya itu masih...